Selasa, 13 Oktober 2015

Cara Membaca Cepat

   Sebagai seorang pelajar, kadang kita dituntut untuk membaca dengan cepat dan paham. berikut ini adalah 4 cara yang efektif untuk membaca cepat:

1. Konsentrasi Tinggi dan fisik yang prima

    Tanpa konsentrasi, maka bacaan tidak akan bisa diserap dengan baik, pasti ada pesan yang terlewatkan. Begitu juga dalam hal membaca, apatah lagi membaca dengan cepat. Untuk menimbulkan konsentrasi, maka diperlukan fisikpikirandan perasaan yang seimbang. Dalam artian, jangan ada kepincangan ketiga unsur itu. Misalkan pada fisik jangan ada yang sakit, seperti tangan pegal, leher keseleo, dan yang lain. Unsur pikiran juga harus jernih, harus dijauhkan dari pikiran-pikiran yang lain.

2. Membaca Gagasan bukan Isi

   Setiap tulisan di buku, itu hanya sebuah gagasan saja yang diterjemahkan kedalam rangkaian kalimat, yang terhubung antar kata perkata, jadilah sebuah buku. Padahal di balik itu semua hanya ada inti pokok pikiran penulis. 

3. Membaca Dengan Cara Melompat

  Memilih dan memilah mana yang penting dari sebuah buku adalah sebuah teknik untuk membaca cepat.

4. Mengasoisasi atau Mengelompokkan Kata

   Ada baiknya Anda mengelompokkan kata dalam sebuah bacaan menjadi 3 atau 4, hal ini akan membantu Anda membaca cepat. Biasanya jangkauan mata kita bisa menangkap 3 sampai 5 kata sekaligus. Maka biasanya dalam sebuah tulisan artikel atau buku, bisa 10 sampai 15 kata. Dengan begitu Anda bisa kelompokkan menjadi 3 atau 4 kelompok kata.

itulah beberapa tips membaca cepat. semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com